Wednesday, August 22, 2012

My Lady, Your Era was So Great!

What's the special thing? We start from here... 



Dialah Ratu Victoria dari Inggris, sedikit sejarahnya

Alexandrina Victoria, atau yang dikenal dengan nama Ratu Victoria, adalah ratu Inggris yang terkenal, karena telah memimpin kerajaan tersebut sejak usia 18 tahun, karena menggantikan pamannya, Raja William IV, yang meninggal dunia. Ia lahir di Istana Kensington, London, Inggris, pada 24 Mei 1819.

Ratu Victoria memerintah Inggris selama 63 tahun 216 hari, dan merupakan masa pemerintahan paling lama dalam sejarah Inggris. Selama masa pemerintahannya, ia berhasil mempertahankan keberadaan sistem monarki di Inggris, dan menjadikannya sebagai institusi politik. Selama masa pemerintahannya pula, aksi represi terhadap rakyat di kawasan-kawasan koloni Inggris meningkat drastis.

Pemerintahan Victoria ditandai oleh ekspansi besar-besaran dari imperium Britania. Zaman Victoria adalah puncak dari revolusi industri, suatu masa perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi yang penting di Britania Raya. Pada masa tersebut, imperium Britania mencapai puncaknya dan menjadi suatu negara adikuasa.

Pada tahun 1840, Ratu Victoria menikah dengan Albert, seorang pangeran dari Jerman, yang masih saudara sepupunya. Pasangan tersebut dikaruniai 9 anak, di antaranya adalah Raja Edward VII, yang kemudian memimpin Inggris setelah kematian Ratu Victoria.

Apa yang akan saya bahas disini?? =)

Selama masa kepemimpinan Victoria di Inggris atau yang disebut Victorian Era atau "Zaman Victoria" banyak sekali berkembang hal-hal keren menurut saya, sebut saja budaya yang muncul saat itu dan cukup menarik perhatian. Apa saja itu? Yuk check it out!


1.  Victorian Architecture (Arsitektur bergaya Victoria)

Arsitektur yang keren banget emang, banyak ditemukan di UK tempatnya ratu Victoria yang pasti, ciri-cirinya itu seperti kayak di film kerajaan Inggris dipenuhi dengan menara-menara tinggi yang lumayan "bertumpuk", banyak pilar-pilar indah, dan untuk beberapa kawasan terdapat menara jamnya, yang pasti mirip banget gayanya dengan kastil kuno ataupun arsitektur klasik yang sangat antik. Langsung aja beberapa picnya nih






2. Victorian Decorative-art (Seni dekorasi ala zaman Victoria)

Sebenernya masih berhubungan dengan Victorian Architecture. Desain interiornya yang akan dibahas nih.


Karpet, wallpaper bercorak, sofa dengan coffe table, lukisan-lukisan, tirai yang terjuntai dengan rumbai-rumbai, serta chandelier (lampu hias), lampu tegak ataupun wall lamp dan fireplace adalah ornamen utama untuk ruangan yang ada di rumah-rumah atau bangunan berinteriordesain Victorian style, tapi di zaman modern seperti ini sebagian merupakan opsional saja karena disesuaikan dengan era sekarang.







3. Victorian Style/Fashion/Clothing (Gaya berpakaian zaman Victoria)




Male: tuxedo atau mantel panjang yang dilengkapi dengan dasi, celana, boots ataupun pantofel, dilengkapi dengan sarung tangan dan topi tinggi, kadang dilengkapi tongkat sebagai lambang keleganan




Female: gaun terusan dengan banyak lipatan dan ornamen-ornamen ataupun jaring-jaring, dilengkapi dengan sarung tangan, stocking, topi atau headpiece atau tutup kepala yang disebut poke bonnet, serta boots atau sepatu berhaktinggi

fashion of Victorian  Images




Sekian dulu guys! Correct me if I'm wrong :)

No comments:

Post a Comment